Departementalisasi Desk Colllection
Tema posting kali ini adalah pembagian kerja dalam dunia deskcollection. Dalam posting sebelumnya penulis sudah menjabarkan gambaran kerja dari seorang DC, yaitu menagih tagihan nasabah melalui telefon. Lalu timbul pertanyaan kapan utang nasabah itu ditagih dan sampai kapan utang nasabah tersebut ditagih. Dari pertanyaan tesebut kerja DC dapat dibagi menurut jangka waktu tagihan atau kondisi dari tagihan nasabah tersebut. Sekali lagi penulis tidak akan mefokuskan pada satu produk tertentu tetapi juga terbatas pada pengetahuan dan pengalaman penulis yang pernah atau sedang bekerja di bagian collection kartu kredit dan KTA. Karena itulah tema kali ini penulis akan menjabarkan pembagian kerja berdasarkan pengalaman dan pengetahuan, tidak bersumber pada teori atau hukum positif manapun, karena emang gak tahu sumber lain ...hehehehe ( cari alesan mode on ).
Tema posting kali ini adalah pembagian kerja dalam dunia deskcollection. Dalam posting sebelumnya penulis sudah menjabarkan gambaran kerja dari seorang DC, yaitu menagih tagihan nasabah melalui telefon. Lalu timbul pertanyaan kapan utang nasabah itu ditagih dan sampai kapan utang nasabah tersebut ditagih. Dari pertanyaan tesebut kerja DC dapat dibagi menurut jangka waktu tagihan atau kondisi dari tagihan nasabah tersebut. Sekali lagi penulis tidak akan mefokuskan pada satu produk tertentu tetapi juga terbatas pada pengetahuan dan pengalaman penulis yang pernah atau sedang bekerja di bagian collection kartu kredit dan KTA. Karena itulah tema kali ini penulis akan menjabarkan pembagian kerja berdasarkan pengalaman dan pengetahuan, tidak bersumber pada teori atau hukum positif manapun, karena emang gak tahu sumber lain ...hehehehe ( cari alesan mode on ).
Seperti teman teman ketahui bahwa setiap kali kita membubuhkan tanda tangan untuk berhutang ke bank atau non-bank maka bersiap pula setiap bulan kita akan dikirim "surat cinta" yang isinya bukan kata sayang tentunya tetapi surat berupa angka angka yang "MENAKJUBKAN" karena bikin memotivasi kita harus giat bekerja. hehehehehe..mau gak mau. Iya setiap bulan, tagihan itu akan dikirimkan maka setiap bulan pula bagi yang berhutang hukumnya "WAJIB" melunasi tagihan tersebut. Kalo GAk..naaaaaahhhh disini deh mulai tugas DC bekerja. Ada gak sih DC tagih tagihan yang belum nungak?.Jawabannya ada, tugas DC yang satu ini lebih berfungsi sebagai pengingat jika tagihan dalam keadaan Overlimit atau tagihan akan overlimit atau beberapa hari lagi tagihan akan jatuh tempo. Oke kita mulai yuk bagi bagi kerja DC.
Diatas penulis sudah singung bahwa tagihan akan dikirim setiap bulan dan tagihan yang gak bayar maka akan ditagih oleh seorang DC. Maka pembagian tugas DC dibagi berdasarkan jumlah bulan dimana tagihan itu gak dibayar Full Balace atau Minimum Paymentnya atau Instalmentnya..wah apa tuh Full balance,minimum payment atau instalment?. Pada posting kali ini gak dibahas dulu ya.
Setiap bank atau non bank punya aturan sendiri mengenai pembagian tugas DC ini. Tetapi kebanyakan, boleh dikatakan sepertinya dibagi sebagai berikut (sekali lagi penulis gak memakai rujukan teori atau hukum positif, hanya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang didapat saat sedang bekerja sebagai Desk Collector):
Departement di collection dinamakan Bucket menandakan kumpulang jenis acct , yaitu :
A. Front End
1. Bucket Balance Control, Overlimit, atau Awarness
adalah sekumpulan tagihan/acct yang akan jatuh tempo atau sudah over limit atau akan over limit.
2 Bucket Past Due.
adalah sekumpulan tagihan/acct yang sudah jatuh tempo ( cont: kartu kredit lebih dari 15 hari semenjak tagihan dicetak ).
3.Bukcet X-days (kartu kredit)/Bucket 1 ( non kartu kredit )
adalah sekumpulan acct yang sudah 30 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaan menunggak dicetak belum bayar sesuai aturan. \
kenapa dinamakan X-day karena baru 1 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaan menunggak belum bayar sesuai aturan
B. Midrange
4. Bucket 30 dpd(days past due)/Bucket 2 (non kartu kredit)
adalah sekumpulang acct yang sudah 60 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaaan menungak dicetak belum bayar sesuai aturan.
Kenapa dinamakan 30 dpd karena dari bucket past due baru ngelewatin satu bucket yaitu bucket x-days ( 1 bucket = 30 hari)
5. Bucket 60 dpd/buket 3
adalah sekumpulan acct yang sudah 90 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaan menunggak belum bayar sesuai aturan.
Kenapa dinamakan 60 dpd karena dari buket past due udah ngelewatin dua bucket yaitu x-days dan 30 dpd (2 bucket = 60 hari)
C. Back End
6. Bucket 90 dpd/bucket 4/Hardcore(kartu kredit)
adalah sekumpulan acct yang sudah 120 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaan menunggak belum bayar sesuai aturan.
disini mulai ada penamaan hardcore mungkin karena acct ini nasabahnya sudah sangat high risk
7. Bucket 120 dpd/bucket 5/Hardcore
adalah sekumpulan acct yang sudah 150 hari semenjak tagihan pertama dalam kedaaan menunggak belum dibayar sesuai aturan.
8. Bucket 150 dpd/bucket 6/hardcore
adalah sekumpulan acct yang sudah 180 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaan menungak belum dibayar sesuai aturan.
9. Bucket 180 dp/bucket 7/hardcore
adalah sekumpulan acct yang sudah 270 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaan menungak belum dibayar sesuai aturan.
D. Recovery
Adalah sekumpulan acct yang sudah di WRITE OFF yaitu sudah lebih dari 270 hari semenjak tagihan pertama dalam keadaan menunggak belum dibayar sesuai aturan.
Di Recovery juga bisa terbagi dari FrontEnd, Midrange dan BackEnd tergantung kebijakan collection departemen masing masing institusi.
Jadi kalo ada pertanyaan sampai kapan tungakkan itu ditagih,maka jawabannya sampai lunas atau sampai pada kondisi tertentu sehingga tagihan tersebut tidak bisa atau tidak boleh ditagih lagi baik secara otomatis atau menurut penilaian tertentu tergantung aturan dan kebijakan masing masing institusi.
RINGKASAN
departementalisasi desk collection itu
1. Berdasarkan Resiko atau kualitas acct terdiri dari: front end, midrange, back end, dan recovery
2. Berdasarkan Lamanya menuggak: Past due,x-days,30 dpd,60 dpd, 90dpd,120 dpd,150 dpd,180 dpd,write off.
Oke sekali lagi departementalisasi deskcollection tergantung dari aturan dan kebijakan masing masing institusi, penulis tidak merujuk pada teori atau hukum positif yang mengatur pembagian tugas tersebut, hanya berdasarkan pengalaman saja.
Segitu aja ya ..mungkin ada kekurangan, teman teman diharapkan menambahkan lagi tema dari posting ini
MOZU
13 komentar:
bos,bagi info donk. teknik2 buat mempermudah collect nya..biar nasabah mau membayar gk pake molor?
thanks.
to dion:
yang penting kerja keras dan rajin di meja jgn kebanyakan ke toilet hehehehe,...simulasi peluangnya begini:
kalo mau PK banyak -->PTP harus banyak--> CTC harus banyak--> OC banyak, dimanapun bucketnya sama aja.
kalo gak percaya lihat teman kamu yang scoringnya gede ciri cirinya ada 2;
1. tepi pendiem dan gak banyak gerak dimeja terus (tipe front end)
2. tipe kerja keras yang ngomelin ch melulu ( tipe yang ini ada di backend dst )
inti dari 2 tipe tersebut adalah mereka terus terusan OC kerja terus tetepa semangat sampe tuh ch enek denger suara deskcoll.
itu cuman sharing aja dari pengalaman saya ...gak ada ilmu exacta(pasti) dalam collection
thx
mozu
gile apa kabar zul
thankz bwt infonya
mas bisa minta emailnya??hari senin saya akan bekerja sbg DC,ole karena itu saya ingin berkonsultasi,,email saya anjardinejad@yahoo.com...thx
makasih bgt infonya,, td abis wawancara jd DC mg2 aj ktrima,, postingan slnjutnya dtunggu,, ;D
oia boleh bagie info gak ttg pa ja yg d tanyakan ato test apa ja pd saat interview jd desk collection??
thnkz..
terimakasih y atas infonya, bsok sy ada intrview utk posisi dunning coll.. doakan smga skses y..hehe
senin bsok saya ada interview bwt DC...tips nya apa y mz biar bisa lolos jd DC...
terima kasih
mas saya ingin konsultasi lebih lanjut dengan mas
kalau boleh ini email saya vicky_aragoners@yahoo.co.id
kemarin saya sudah wawancara di salah satu bank bumn semoga diterima dan pengalaman dari mas semoga membantu saya kelak
amiin
thanks infonya..
besuk sening ada interview jd DC tp masih bingung aku ambil apa ndak posisi tersebut.hehe
thanks bgt ya untk info yg sngat brhga ini,slsa aq ad interview untk d bank mandiri, mohon doa nya ya,,,,slam sukses untk kluarga indonesia
Apa ajh sih yg d tanyain pas interview deskcoll? Info,a dong thanks
Posting Komentar